Kondisi perekonomian global dihadapkan pada kondisi ketidakkstabilan dan volatilitas yang dinamis.  Masing-masing negara mengantisipasi kondisi yang terjadi dengan berbagai strategi kebijakan agar perekonomian dan Pembangunan yang sedang berlangsung dapat berjalan secara stabil dan berkelanjutan. Upaya ini diiringi dengan berbagai praktek Pembangunan baik dalam skala nasional maupun dalam skala internasional. Mobilitas sumber daya ekonomi antar negara berkembang secara massif seiring dengan perkembangan tekhnologi dan informasi.

Kondisi perekonomian global dihadapkan pada kondisi ketidakkstabilan dan volatilitas yang dinamis.  Masing-masing negara mengantisipasi kondisi yang terjadi dengan berbagai strategi kebijakan agar perekonomian dan Pembangunan yang sedang berlangsung dapat berjalan secara stabil dan berkelanjutan. Upaya ini diiringi dengan berbagai praktek Pembangunan baik dalam skala nasional maupun dalam skala internasional. Mobilitas sumber daya ekonomi antar negara berkembang secara massif seiring dengan perkembangan tekhnologi dan informasi.

Gambar 1 : Flyer Dialog Nasional

Generasi muda sebagai bagian penting dalam aktor Pembangunan berperan penting dalam menciptakan inovasi, sehingga berkontribusi dalam menciptakan lapangan kerja yang sesuai dengan perkembangan zaman. Karakteristik pemudah yang bergerak dinamis baik dalam pemikiran dan aksinya merupakan modalitas bangsa untuk bisa bersaing di pasar global. Dalam hal ini generasi milenial dapat menyiapkan kualitas dirinya sebagai pemimpin handal yang dapat berinovasi dalam menciptakan lapangan kerja, mendorong investasi dan menignkatkan nilai tambah ekonomi.

Prof.Dr.Imam Mukhlis, SE,MSi dari Departemen Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang hadir sebagai salah satu pemateri dalam kegiatan dialog nasional dengan tema mencari karakter pemimpin nasional Ideal 2024. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Yayasan Bung Karno Jakarta dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 78. Kegiatan dilakukan secara daring pada tanggal 15 Agustus 2023. Peserta yang hadir sebanyak 135 dari berbagai kalangan dari sabang sampai Merauke. Kegiatan ini merupakan capaian SDG 8 DECENT WORK AND ECONOMIC GROWTH.

Prof. Imam Mukhlis dalam paparannya menekankan pentingnya penguatan karakter kebangsaan bagi generasi milenial agar dapat mengembangan dirinya pada persaingan di tingkat internasional. Generasi muda harus mampu menghasilkan karya yang dapat bermanfaat bagi bagi bangsa dan negara. Kehadiran pemuda yang akan menjadi pemimpin bangsa memliki peran strategis dalam menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam rangka merumuskan desain pengembangan kualitas Pendidikan untuk kesejahteraan hidup Masyarakat, Universitas Kebangsaan Malaysia menyelenggarakan kegiatan International Conference On Global Education (ICGE-X). Kegiatan dilakukan tanggal 27 Juli 2023 secara hybrid dengan host nya adalah Universitas Kebangsaan Malaysia. Hadir sebagai salah satu pembicara kunci (Keynote Speaker) adalah Prof.Dr,Imam Mukhlis,SE,MSi dari Departemen Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang dengan judul presentasi “ HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT FOR SUSTAINABLE WELARE”. Kegiatan ini dalam capaian Sustainable Development Goals (SDGs) pada indikator 4 Quality Education.

Paparan Materi

Gambar 2 : Paparan Materi

               Dalam paparannya Prof.Imam Mukhlis mendeskripsikan kondisi Pembangunan global pada saat ini yang sedang terjadi VUCA (Volatlity, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity). Kondisi ini menuntu adanya repson kebijakan yang antisipatif agar Pembangunan nasional dapat terjamin stabilitasnya. Diantara strategi kebijakan tersebut adalah perlu mengembangan kualitas sumber daya manusia. Strategi tersebut mencakup penguatan nilai kearifan lokal dan adaptasi dengan nilai kearifan global dalam membentuk karakter sumber daya manusia yang terampil dan handal dalam persaingan sumber daya manusia di tingkat global. Penguatan karakter dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia sesuai dengan perkembangan zaman merupakan Langkah strategis agar Pembangunan yang dilakukan dapat berkelanjutan.

Materi Dialog Nasional

Gambar 3 : Materi Dialog Nasional

 

 

en_USEN