Malang, 1 Agustus 2024. Delegasi dari Indonesia yang dipimpin oleh Prof. Dr. Imam Mukhlis, SE, M.Si, baru saja menyelesaikan kunjungan resmi ke Jepang untuk mempelajari optimalisasi pengelolaan sampah melalui Tempat Pengelolaan Sampah dengan Prinsip Reduce, Reuse, dan Recycle (TPS3R). Kunjungan yang berlangsung dari tanggal 26 Juli hingga 31 Juli 2024 ini mencakup berbagai kegiatan yang fokus pada penerapan konsep ekonomi sirkuler dan kolaborasi penelitian di bidang manajemen sampah.

Gambar : Observasi di Saga Eco Plaza, Jepang

         Salah satu kegiatan utama dalam kunjungan ini adalah observasi dan analisis di dua lokasi TPS3R utama, yaitu Eco Plaza Saga City dan Recycle Center Omuta City, yang berlangsung pada tanggal 26 dan 29 Juli. Di kedua lokasi ini, delegasi yang terdiri dari Prof. Dr. Imam Mukhlis, SE, M.Si, mahasiswa program doktor Pendidikan Ekonomi Inaya Sari Melati, dan Devi Oktabrianti A.W. melakukan pengamatan mendalam mengenai proses pengelolaan sampah yang dikenal sangat efektif dan efisien di Jepang. Mereka melihat langsung bagaimana TPS3R mengimplementasikan prinsip reduce, reuse, dan recycle untuk mengurangi volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir.

Gambar : Paparan Materi Ekonomi Sirkuler

          Pada tanggal 27 Juli, Prof. Dr. Imam Mukhlis berkesempatan menjadi narasumber dalam seminar Ekonomi Sirkular bersama Tanaka Yurika, seorang alumni dari Saga University. Seminar ini membahas pentingnya konsep ekonomi sirkular dalam mengatasi permasalahan sampah di Indonesiea. Konsep ini tidak hanya membantu mengurangi limbah tetapi juga meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya, sebuah pelajaran penting yang sangat relevan untuk diimplementasikan di Indonesia, termasuk di wilayah perdesaan.

Gambar : Observasi Dokumentasi Kegiatan Ekonomi Sirkuler

en_USEN