Menginjak awal tahun 2023, Dosen Departemen Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (FEB UM), Prof.Dr.Imam Mukhlis,SE,MSi mendapatkan kesempatan dalam kegiatan Visiting Researcher di Luar Negeri. Prof.Dr.Imam Mukhlis, SE,MSi pada saat sekarang menjabat sebagai Wakil Dekan III bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Inovasi FEB UM. Yekaterinburg, Rusia. Pada tanggal 23-27 Januari 2023, Graduate School Economics and Management Ural Federal University (GSEM UrFU) mengundang Prof. Imam Mukhlis, MS. dalam acara Round table «Urban resilience in uncertain world: new challenges and opportunities». Dalam rangkaian acara tersebut bertujuan untuk merealisasikan kerjasama dan langkah-langkah konkrit yang telah diinisiasi sejak 2 tahun lalu antar dua universitas tersebut.

Setelah tiba di Yekaterinburg, pada pertemuan Prof. Imam Mukhlis bertemu dengan Prof. Irina D. Turgel selaku Head of Department for Theory, Methodology and Law Support of State and Municipal Administration dan Director of GSEM Centre for Research Support. Dalam hari pertama ini, Prof Irina D. Turgel ditemani dengan Zhanna S. Belyaeva, PhD. (Academic Director of the GSEM UrFU) dan Ekaterina A. Demchenko, PhD. (Head of International Affairs Office of GSEM UrFU). Dalam pertemuan pertama ini, dimulai dengan memperkenalkan universitas masing-masing secara singkat. Setelah itu, kedua belah pihak membahas tentang kegiatan-kegiatan terkait dengan exchange students and lectures dan short-term program yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. Program-program yang ditawarkan sangat bermanfaat dalam meningkatkan skill para mahasiswa dan dosen, serta dapat menin gkatkan akreditasi UM, terutama FEB.

prof imam rusia 2
prof imam rusia 3

Dihari berikutnya, Prof. Imam Mukhlis bertemu dengan Dmitry E. Tolmachev, PhD. selaku dekan GSEM UrFU ditemani oleh Prof. Irina D. Turgel. Dengan pertimbangan keadaan global dan epidemic sekarang ini, program-program yang telah disepakati akan dimulai secara daring terlebih dahulu. Pertemuan ini disambut baik oleh dekan GSEM UrFU dan diharapkan program-program yang disetujui kedepannya dapat dilaksanakan secara luring. Dan dipertemuan ini, Dmitry E. Tolmachev menunjukkan rencana pengembangan kampus UrFU di mikro-region yang terletak dekat dengan bandara Koltsovo. Dimalam harinya, pihak GSEM UrFU mengundang Prof. Imam Mukhlis untuk menonton pertunjukan ballet Romeo dan Juliet. Dimana hal ini bertujuan memperkenalkan budaya yang berasal dari Itali dan berkembang dengan pesat di Rusia.

Di hari ketiga atau hari terakhir dimulai dengan tur di Museum Boris N. Yeltsin, yang merupakan presiden pertama Rusia. Di museum ini dapat dipelajari sejarah perubahan Rusia dari monarki hingga menjadi Rusia seperti yang kita kenal sekarang ini, terutama peran Yeltsin dalam pergolakkan yang terjadi. Setelah itu dilanjutkan dengan round table yang dihadiri oleh Prof. Irina D. Turgel, Irina V Baskakova, PhD. (Head of Economic Theory and Policy GSEM UrFU), Valentina V. Derbeneva, PhD. (Associate professor, Editor of Economy of Region Journal), Nina Symanyuk, PhD. (Director of the Online Learning Centre), Natalia V. Starodubets, PhD. (Associate Professor, Head of Editorial Office Journal of Tax Reform) dan Anastasiia A. Usoltceva (PhD. student). Dalam pertemuan ini, kedua belah pihak membahas kolaborasi penelitian yang dapat dijalankan dan disepakati. Terdapat beberapa topik yang menarik bagi mereka adalah terkait resilience regional economic, smart city, creative industry dan pergeseran ibukota ke daerah Kalimantan. Hal ini juga bertujuan mentransfer ilmu dari kedua belah pihak dan memperkaya keilmuan para stakeholder. Harapan dari kedua pihak ini adalah program-program yang sudah dibahas dan disepakati akan terealisasi dalam waktu dekat. Dalam presentasinya dihadapan penelitian dari kampus UrFu, Prof.Dr.Imam Mukhlis memaparkan kondisi terkirini perekonomian nasional dalam konstelasi perekonomian global dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan. Kegiatan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab dari para peneliti dari GSEM UrFu, Rusia (imam_FEB-UM).

en_USEN