Dalam rangka meningkatkan kinerja Kerjasama dengan kementrian, dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Malang  (FEB UM) dan Direktorat Kebijakan Ekonomi Ketenagakerjaan Regional  terkait dengan Kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi di Bidang Penelitian, bertempat di Kantor BRIN Jakarta, Selasa, 4 Juni 2024.

          Kegiatan dihadiri oleh; Deputi bidang kebijakan pembangunan BRIN DR. Mego  Pinandito, M.ENG; Direktur Kebijakan Ekonomi, Ketenagakerjaan, Dan Pemgembangan Regional: Yurike Patrecia Marpaung S.E., M.Si., M.D.E; Peneliti BRIN. Sedangkan dari pihak fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang diwakili oleh: Dekan FEB UM Dr.Hadi Sumarsono, MSi;Wakil Dekan III Prof Dr.Imam Mukhlis,MSi dan tim peneliti darı FEB UM.

Gambar : Penandatangan Kerjasama BRIN dan FEB UM

        BRIN yang diwakili oleh Deputi dan Direktur mengucapkan terima kasih banyak atas kerjasama dan bersinergi atas konteks SDM dan pendanaan, kerjasama ini menghasilkan kerjasama dan komitmen yang konkret. Disampaikan pula bahwa kesepakatan kerjasama ini merupakan PKS yang pertama bagi Direktorat Kebijakan Ekonomi, Ketenagakerjaan, Dan Pengembangan Regional. Selain itu masih terbuka lebar peluang riset bersama antara BRIN dan UM secara luas dalam konteks green economy, blue economy dan space economy.

Gambar : Diskusi Penajaman Materi

          Kerjasama dalam kegiatan penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan Pembangunan dalam mengatasi permasalahan kemiskinan, lingkungan dan keberlanjutan Pembangunan. Bagi FEB UM, kemitraan penelitian dengan BRIN ini merupakan wujud dari kepercayaan stakeholders eksternal terhadap kapasitas dan kapabilitas FEB UM dalam berkontribusi pada kemajuan IPTEKS dan kebermanfaatannya dalam Pembangunan nasional.

Gambar : Focous Group Discussion Tema Penelitian

         Setelah acara pendandatanganan Kerjasama, dilanjutkan dengan diskusi penajaman materi, metode penelitian dan bahan penelitian dengan topik “ Strategi Pengembangan KEK Singhasari Mengekskalasi Pertumbuhan Ekonomi Digital Menyongsong Bonus Demografi 2030”. Diskusi dihadari oleh para peneliti dan BRIN dan peneliti dari FEB UM. Interaksi yang terjadi dalam diskusi dapat memberikan kontribusi dalam pelaksanaan kegiatan penelitian dan rumusan kebijakan yang dihasilkan (Ita).

id_IDID